Jumat, 06 November 2015

Desain Pemodelan Grafis_2

DESAIN PEMODELAN GRAFIS DARI SEGI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat di klaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan. Jelasnya, tidak ada individu yang dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dnegan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem dan komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia.

Suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu bidang kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subyek bidang-bidang yang relevan. Mungkin dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh.

Interaksi komputer dengan manusia atau dengan bahasa Inggris dikenal dengan "Human-computer Interaction" atau HCI merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara komputer dengan manusia yang meliputi perancangan, evaluasi dan juga implementasi antarmuka dengan pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha untuk menemukan cara paling efektif untuk dapat merancang pesan secara elektronik, sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri merupakan serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melewati sebuah antarmuka untuk mendapat hasil akhir yang diharapkan.

Tujuan dari interaksi ini adalah untuk memudahkan manusia dalam melakukan pengoperasian terhadap komputer dan memperoleh beberapa umpan balik yang mereka perlukan selama bekerja menggunakan komputer serta diharapkan supaya sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya. Kita membutuhkan interaksi tersebut agar kita bisa lebih cepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan membuat waktu dalam prosesnya menjadi lebih cepat yang akhirnya akan mempengaruhi biaya pengeluaran.

Interaksi dapat dikatakan dialog antara user dengan komputer. Model atau jenis interaksi, yaitu:
1. Command Line Interface (Perintah Baris Tunggal)
     contoh : Unix, Linux, DOS
2. Menu (Menu Datar dan Menu Tarik)
     contoh : Hampir semua software menggunakan menu
3. Natural Language (Bahasa Alami)
     contoh : Bahasa Pemrograman Terstruktur
4. Question/Answer and Query Dialogue
     contoh : MySQL, DBase Interaktif, dll
5. Form-Fills and Spreadsheets
     contoh : Excel, Lotus, dll
6. WIMP
     - Windows Icon Menu Pointer
     - Windows Icon Mouse Pulldown Menu
     contoh : Button, Dialogue Boxes, Pallettes, dll

Ilmu yang berkaitan dengan Interaksi Manusia dengan Komputer adalah:
a. Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer
     memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

b. Psikologi
     memahami sifat, kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, keterampilan motorik pengguna

c. Perancangan Grafis dan Tipografi
     sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan untuk sarana  dialog cukup efektif antara manusia dengan komputer

d. Ergonomik
     berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Misalnya, bentuk meja dan kursi, tampilan, posisi duduk, pengaturan lampu, dan lain-lain

e. Antropologi
     ilmu pengetahuan tentang manusia, memberikan suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya

f. Linguistik
     merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus. Misalnya bahasa grafis, bahasa alami, dan lain-lain

SEJARAH DAN PENGERTIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Sejak jaman pra sejarah, manusia telah mengenal dan mempraktekkan komunikasi visual. Bentuk komunikasi visual pada saat ini antara lain adalah piktogram yang digunakan untuk menceritakan kejadian sehari-hari pada jaman Gua (Cave Age) yang merupakan bentuk lain dari hieroglyphics yang digunakan oleh bangsa Mesir. Seiring dengan kemajuan jaman dan keahlian manusia, bentuk itu beralih ke tulisan. Contohnya adalah prasasti, buku, dan lain-lain. Dengan perkembangan kreatifitas manusia, bentuk tulisan ini berkembang lagi menjadi bentuk yang lebih menarik dan komunikatif. Contohnya adalah seni panggung dan drama, seperti sendratari Ramayana, seni pewayangan yang masih menjadi alat komunikasi yang sangat efektif hingga sekarang.

Sebagai suatu profesi, desain komunikais visual baru berkembang sekitar tahun 1950-an. Sebelum itu, jika seseorang hendak menyampaikan atau mempromosikan sesuatu secara visual maka harus menggunakan jasa dari bermaca-macam "seniman spesialis". Spesialis ini antara lain adalah visualizers (seniman visualisasi); typographers (penata huruf), dan lain sebagainya.

Desain komunikasi visual adalah desain yang mengkomunikasikan informasi dan pesan yang ditampilkan secara visual. Desainer komunikasi visual berusaha untuk mempengaruhi sekelompok pengamat, mereka berusaha agar kebanyakan orang dalam target group tersebut memberikan respon positif kepada pesan visual tersebut.


PERBEDAAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAN SENI MURNI


1. Seni Murni
     Merupakan cabang seni rupa yang dibuat tanpa mempertimbangkan fungsinya melainkan untuk dinikmati unsur keindahanyya saja. Seni rupa murni cenderung lebih bebas dan biasanya memiliki nilai estetika yang snagat tinggi. Contohnya adalah kaligrafi, lukisan patung, dan lain sebagainya.

2. Desain Komunikasi Visual
     Dalam Buku Pengantar Metode Penelitian Budaya Rupa Agus Sachari menjelaskan Desain Komunikasi Grafis adalah profesi yang mengkaji dan mempelajari desain dengan berbagai pendekatan baik hal yang menyangkut komunikasi, media, citra tanda maupun nilai.
Desain Komunikasi Visual juga mengkaji hal-hal yang berkaitan dnegan komunikasi dan pesan, teknologi percetakan, penggunaan teknologi multimedia dan teknik persuasi pada masyarakat.

Ruang Lingkup Desain Komunikasi Visual, meliputi:
a. Advertaising
b. Animasi
c. Desain Identitas Usaha
d. Desain Marka Lingkungan
e. Multimedia
f. Desain Grafis Media
g. Cergam
h. Fotografi, tipografi, dan ilustrasi

ELEMEN-ELEMEN DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 

a. Desain dan Tipografi
Tipografi adalah seni menyusun huruf-huruf hingga dapat dibaca namun masih mempunyai nilai desain. Tipografi digunakan sebagai metode untuk menerjemahkan kata-kata (lisan) ke dalam bentuk tulisan (visual).

b. Desain dan Simbolisme
Simbol telah ada sejak adanya manusia, lebih dari 30.000 tahun yang lalu. Manusia pada jaman ini menggunakan simbol untuk mencatat apa yang mereka lihat dan kejadian yang mereka alami sehari-hari. Simbol sangat efektif digunakan sebagai sarana informasi untuk menjembatani perbedaan bahasa yang digunakan, contohnya sebagai komponen dari signing systems sebuah pusat perbelanjaan. Bentuk yang kompleks dari simbol adalah logo. Logo adalah identifikasi dari sebuah perusahaan, karena itu suatu logo mmepunyai banyak persyaratan dan harus dapat mencerminkan perusahaan itu.

c. Desain dan Ilustrasi
Ilustrasi adalah suatu bidang dari seni yang berspesialisasi dalam penggunaan gambar yang tidak dihasilkan dari kamera atau fotografi untuk visualisasi. Saat ini ilustrasi lebih banyak digunakan dalam cerita anak-anak yang bersifat imajinatif.

d. Desain dan Fotografi
Ada dua bidang utama, dimana seorang desainer banyak menggunakan elemen fotografi, yaitu penerbitan dan periklanan. Fotografi sering dipakai selain karena permintaan klien dan juga karena lebih "representatif".


Referensi :
 http://bayyinaannisa.blogspot.co.id/2015/10/desain-pemodelan-grafik-2.html
http://eveevania.blogspot.co.id/2015/01/sejarah-dan-pengertian-desain.html
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Eni%20Puji%20Astuti,%20M.Sn./ELEMEN%20desain%20HO.PDF


Tidak ada komentar: